Maret 24, 2010

Pumpkin Cookies

Resep ini unik bener yak, yang pilih teman kita dari Japan, Sylvia (peace syl hehehe..)
Gue buat bahan utamanya dari labu parang, yg biasa dijual di pasar.
Resepnya gue tulisin ya :
Bahan : 50 gr pumpkin
100 gr tepung terigu ayak (gue pake yang kunci biru)
2 sdm mentega
2 sendok makan gula pasir (gue pake 3 sendok)
1 buah telur
Hiasan : sprinkle secukupnya
Cara Membuat :
1. Kupas kulit labu, lalu potong kecil2, kukus sebentar, lalu hancurkan.
2. Disini labu nya, setelah gue hancurkan, gue oven bentar maksudnya biar airnya kering.
Tapi kayaknya ga efeknya hahaha..
3. Di wadah lain, hancurkan mentega, masukkan gula pasir, aduk sampai rata
4. Masukkan telur, aduk rata.
5. Kemudian masukkan adonan pumpkin ke adonan yg tadi, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sampai adonan tercampur rata.
6. Kemudian bentuk menjadi bulatan, bungkus dlm plastik. Masukkan kulkas selama kurleb 1 jam hingga mengembang.
7. Keluarkan dari kulkas, pipihkan adonan, lalu cetak sesuai selera
8. Oven selama kurleb 10 menit suhu 180 derajat, keluarkan dan sajikan.

Sewaktu adonan sudah tercampur semua, sama kayak yang lain, adonan nya lengket.
Karena gue buatnya agak2 mepet waktu, jadi gak kaget,ud tau bakalan lengket, karena ud pada dibahas masalah adonan ini. Anehnya malah ditambahin tepung sedikit dengan maksud biar bisa dibentuk, ehh malah makin lengket dan susah buat di pipihkan.. Gile neh adonan, bikin bingung aja, yah gue pipihin pake tangan aja, jadi nyetaknya satu.. satu.. untung ga terlalu banyak bikinnya cuman labu 50 grm, kalo labu 1/2 kg kebayang ga gimana dan kapan selesainya. Mana bisa dibuat untuk dagang hahahaha..

Setelah matang, penasaran ama ini kue, gue langsung makan, ternyata empuk bener, untung lah ga terlalu keras di luarnya, setelah sadar gue buru-buru deh minum air yang banyak takut sakit leher. My hubby juga makan dia bilang lumayan enak buat cemilan, dia makan banyak juga sambil main game.. (apa lagi ga ada cemilan kali, jadi terpaksa wkkwkwkwk)

Ashton makan sprinkle-nya aja waktu pertama nyobain, tapi dia ada makan 1 buah sih, habis lagi, gue kira dia ga doyan, gue tanya enak ga Ashton, "enakk.." dia bilang.. (tumbennnnnnn????)
Gue ga berani dah bawa ke kantor, takut pd ga doyan (maaf ya teman2-ku yang dikantor).

8 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagus hasilnya Hen... ga nolong yah di oven dulu? maksudnya labunya tetep berair or tetep lengket adonannya? kalo lengket adonannya mah mang kabocha jg gitu....kayanya yg beda dari lu ama g yah g menteganya dicairin.

Nah kalo labunya tetep berair pas dah dioven mestinya pas di panggang cookiesnya susah kering hehehe

Tp yg penting si Ash doyan yah hehehe apalagi bokapnya, bikin hati seneng dah ga sia2 bikin yah....

suzi mengatakan...

hayaaa.. kalo gw ikutan games ini mah, gw gak doyan cookies..bisa males2an masak weheheehehehe.. tp asli gw kira boongan tuh picnya henny wkwkkwwk gak taunya dimodif jadi cakep euii... kayaknya pake secangkir kopi dipagi hari sambil dicelupin enak banget kali ya hihhihihi

Maria Henny mengatakan...

@ liza : thanks ya.. itu efek foto kali yah hehehe... tp labunya sih ga berair setelah dipanggang, cuman lengket gitu adonannya. Iya anak gue penasaran kali pas gue makan, dia akhirnya nyomot juga, mungkin kalo kurang manis dia ga jadi makan kali hahaha..

@ suzi : iya neh pas cookies mulu ya resepnya, coba ntar selanjutnya resep apa lagi yah, iya gue edit fotonya biar menarik hehehe...
thanks ya mam :)

kartika mengatakan...

msh mending lu pada makan cookiesnya, laki gua makan 1 doang, sisanya gua suruh bawa ke tempat kerjanya aja...psti abis punya tuh..

美鈴 &彩香 mengatakan...

enk buat cemilan...uda abis smua?

Maria Henny mengatakan...

@ kar : iya padahal ud hopeless sama adonannya. Gpp kar, lain kali coba resep lain mungkin mau cobain.

@ sylvi : lumayan ya syl buat cemilan, msh ada 3 biji tuh di rumah paling gue yang habisin tp mudah2an ntar pulang kerja udah habis (mau-nya)

Anonim mengatakan...

kukisnya cantik Hen... warnanya girlie sekali hihihihiih

senangnya semua doyan :)

Maria Henny mengatakan...

@debby : pas kebetulan di rumah ada sprinkle, thx yah deb