Mei 24, 2010

Ikan tim ala Hongkong

Hari minggu kemaren akhir nya baru sempat buat ikan tim ala Hongkong ini, enak loh ternyata, saus nya juga wangi ditambah daun ketumbar jadi yummy.
Ikan ternyata benar harus dimakan segar, maka nya gue niatin bikin di hari minggu nan cerah.

Resep nya :
1 ekor ikan kerapu
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm garam
2,5 ruas jahe iris tipis
3 batang daun bawang, potong dua
1 sdm irisan jahe tipis panjang
5 sdm daun bawang ambil bagian putihnya, suwir-suwir
daun ketumbar secukupnya

Bumbu untuk saus ikan :
4 sdm kecap asin
1 sdm gula pasir
2 sdm air
merica secukupnya

Cara membuatnya :
1. Lumurin ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan kurang lebih 10 menit, cuci dan
tiriskan. Beri 2-3 keratan pada daging ikan.
2. Letakkan daun bawang dan jahe dalam wadah tahan panas, susun ikan diatasnya.
3. Didihkan air, kukus ikan dengan api besar selama 15 menit sampai ikan matang, angkat.
4. Buat saus, campur bumbu lalu masak hingga mendidih.
5. Tempatkan ikan kukus diatas piring, taburi dengan irisan jahe dan daun bawang, lalu
siram dengan saus ikan, taburi dengan daun ketumbar.

6 komentar:

mamana clo mengatakan...

sepintas kirain ikan goreng soalnya warnanya kuning keemasan hehee..

debby tondo mengatakan...

iya Hen, warnanya bagus banget bisa kuning gitu, diapain?

Belzy mengatakan...

walahhhh....pr yang ini malah gue blom bikin hennn, huehehehehehehe....enak yahhh, aduww mana daon wansui gue abis lagi.....kudu beli dulu dah. Gue sih rencana mo bikin pake bawal putih hen....gpp kali yakkk ikannya beda mah :)

美鈴 &彩香 mengatakan...

iyyyaaa
kok kyak ikan gorenggg...bgs warnanyaaa

Maria Henny mengatakan...

@Xiao : iya ya, gue juga baru perhatiin hehehe

@Debby : gak tahu deb, kulit ikan di tim kalo gue liat nyokap suka ngetim ikan agak2 mengkilat sih deb, apa efek foto juga ya???

@Belz : pake ikan apa aja enak lah Bel yang penting segar jd manis daging ikannya. Ho oh beli dulu daunnya.. enak bener Bel hehehe..

@Sylvia : hahaha.. semua pd blg ikan goreng neh nek..

once_alifetime mengatakan...

Haha.. gua jg tadinya mau komen yang sama tyt udah byk dibahas, yang penting malah keliatan bagus:)