Mei 31, 2010

Thai Style Steamed Fish


Namanya masakan Thai so.... mmg enak, pedas dan asam yummy..
Selara makan siang jadi bertambah deh, gue kemaren beli fillet ikan kerapu, cari pak choi dan cabe merah, jadi pagi2 tadi buat ikan Thai style steamed ini buat menu makan siang ngai di kantor. Kuah nya sih udah dicobain, asin2, pedas dan asam (tp gak terlalu asam, apa kurang banyak jeruk nipisnya). Lain kali bikin, coba lebih asam dan pedas, mak nyosssss pasti hehehe..

Bahan :
2 buah ikan fillet @ 140 gram
1 ruas jari jahe, kupas, cincang
1 siung bawang putih, cincang
1 buah cabe merah kecil, bukan cabe rawit, buang biji nya, cincang
parutan kulit jeruk nipis dan jus nya dari 1 buah jeruk nipis
3 buah baby pak choi, potong 1/4 bagian
2 sdm soy sauce

Cara :
1. Tata ikan fillet bersampingan di atas aluminium foil yang dibentuk mangkok.
2. Taburi ikan dengan jahe, bawang putih, cabe dan parutan kulit jeruk nipis.
3. Tambahkan air jeruk nipis, kemudian beri pak choi di sekeliling ikan, kemudian tuangi
soy sauce ke atas pak choi, lalu bungkus dengan alumunium foil (jangan bungkus terlalu
rapat / kencang).
4. Kukus selama 15 menit sampai ikan matang.

4 komentar:

debby tondo mengatakan...

warna meriah ya.. klo buat org dewasa kurang menggigit rasanya, mesti ditambahin porsinya hehheheh

Maria Henny mengatakan...

debby : iya deb, apalagi kalo yang suka pedes yah

once_alifetime mengatakan...

Hen, sayur gua jg jadinya kayak ini lho, katanya harusnya rebus terpisah he..he..

Maria Henny mengatakan...

@elisa : iya layu sebelum dimakan, jd jelek yah el, gak kepikiran direbus terpisah yakk